Archives

gravatar

IDUL FITRI BERSAMA ANAK FAKFAK DI JOGJAKARTA

ALLAH menciptaan manusia menurut gambar dan teladannya. Ia telah memberikan napas pada manusia dengan tujuan untuk memenuhi bumi ini dan berkuasa atas segala makluk yang ada di muka bumi ini. ALLAH telah menyempurnakan segalanya. Dan tanpa kekuarangan suatu apapun. Ia telah menciptaan manusia laki-laki dan perempuan ( berpasangan ) bahkan semua makkuk yang hidup di muka bumi. ALLAH telah berfirman untuk manusia bahwa hendak engkau menguasai semua makkuk, Baik di laut,darat,udara,dan semua yang terkandung pada perut bumi yang indah. Bahkan ALLAH mengatakan hendaklah engkau beranak cucu dan penuhialh bumi ini seperti pasir di laut batu di darat dan menyemrupai yang lain, yang tak terhitung jumlahnya.

Tujuan ALLAH menciptaan manusia, agar ia harus mengingatkan ciptaan-nya ,dan mengatakan” ada yang lebih berkuasa atas diriku” demikian pengakuan yang selayaknya di ucapkan oleh setiap manusia ciptaanNya, sehingga timbullah sesuatu kepercayaan yang kokoh bahwa adanya TUHAN.

Hal ini membuat pradigma berpikir manusia semakin luas sehinga di sinilah muncul sesuatu kepercayaan. Dengan demikian halnya,maka hadirlah sesuatu keyakinan yang nyatan menghadirkan penganut- penganut yang ada di muka bumi ini.

Bukti nyata bahwa bangsa kita Indonesia telah hadir lima keyakinan yang masing-masing memperkaya keimanan dengan utusan-utusan yang ALLAH berikan pada umatnya dan dengan cara penyembahan yang berbeda pula.

Dengan berbagai latar belakang yang berbeda, maka manusia di bebaskan untuk memilih utusan yang di anggapnya benar dan tanpa ada interfensi dari individu yang lain dengan demikian, maka di lihat dari perjalan penaburan yang di lakukan oleh utusan ALLAH , agar manusia itu tidak jatuh kedalam dosa, Serta menggikuti ajaran dan larangganNya.

Maka salah satu ajaran yang perlu kita lewati adalah peringatan 1 syawal, yang seharusnya kita syukuri atas kemenangan nabi Muhammad dalam melewati sagala cobaan yang ada pada saat ini di muka bumi, demikian halnya maka muncul kesadaran umat untuk memperingati 1 syawal 1430 hijriah tentunya mendapatkan harapan baru di setiap gerak langkah dalam kehidupan yang akan datang.

Hal dan pemikiran seperti ini yang membuat kami paguyuban keluarga besar mahasiswa fakfak daerah istimewa yogyakarta ( DIY ) merayakan idul ftir bersama di asrama Papua ( kamasan 1 jogjakarta ) awal pemikiran yang ada di saat itu, kami berpikir untuk membentuk panitia hari raya idul fitri.” Tapi karna idul fitrinya sudah dekat, maka kami bersepakat hanya pembetukan tim kerja dengan satu koordinator yang siap mengkodinir semua acara idul fitri bersama hinga selesai.

Maka lewat rapat umum anggota saudara Aron hegemur sebagai koordinator tim kerja hari raya idul fitri dan ada beberapa kawan yang masuk dalam panitia tim kerja tersebut. Ketika semua sudah di bentuk dalam tim kerja ‘ maka kami mulai bekerja dengan penuh kekompak satu sama lain. Karna bukan hanya panitia yang harus bekerja dalam menyukseskan acara HALAL BI HALAL tersebut. Namun kami semua turut membangtu panitia dalam acara yang maksud.

Waktu yang di butuhkan hanya 4 hari kami pakai untuk bekerja dalam untuk idul fitri bersama” saya pikir ini semua tidak mungkin” Tapi dengan penuh semangat dari kawan-kawan semua, acarapun terlaksanakan dengan baik.

ACara HALAL BI HALAL ini kami lakukan hari senin tanggal 28 september jam 4 sore hingga selesai jam 8 malam; Tema yang di ambil “DENGAN SEMANGAT IDUL FITRI 1 SYAWAL 1340 H , KITA PERERAT TALI PERSAUDARAAN DAN WUJUTKAN SATU TUNGKU TIGA BATU” sebab di fakfak itu bukan satu Agama yang ada di sana. Ada islam ( muslim ) ada yang Kristen protestan dan ada yang kristen katolik. jadi kami biasa pakai istila “SATU TUNGKU TIGA BATU”.

Ketika cara idul fitri bersama selesai. Kata sambutan di berikan untuk koordinator tim kerja saudara Aron hegemur, ketua paguyuban ( PKMFP ) Erickson tigtigweria, bapak hans maniburi selaku sesepuh ( IPMAPA) dan orang tua bagi kami anak papua ,gusti prabu kusuma adik kadung sri sultan. Hamen kubuwono X. selaku pelingdun ( PKMFP ) dan yermias robhet yambelean selaku sesepuh ( PKMFP ).

Semau kata-kata sambutan dan motivasi yang di berikan untuk kami yang hadir dalam acara idul fitri bersama . Mereka menggacak kami semua agar tetap mempertahankan “SATU TUNGKU TIGA BATU” yang selama ini terjalin di Fak-fak.

Kata sambutan yang masih tertanam dalam hatiku.” Itu kata sambutan yang di paparkan dari gusti prabu kusuma, ia mennyampaikan beberapa kata motivasi seperti, “kedisipilinan, perilaku dan kekerabatan antar sesama yang ada di jogjakarta.” Di sisilain ia pun bercerita tentan masa-masa sekolah yang ia lalui semasa itu. masih banyak hal lagi yang gusti prabu kusuma sampaikan”.


Mungkin yang bisa saya sampaikan untuk kawan semua yang baca tulisan ini.agar momen idul fitri bersama kali ini. Ada hal yang bisa kita petik sebagai motivasi dalam hidup dan keseharian kita. biar kedepan kita semua masih bisa berkerja sama dalam menatap hari esok yang cerah.

Akhir kata..”SELAMAT MERAYAKAN IDUL FITRI 1 SYAWAL 1430 HIJRIAH”

gravatar

“TANAH PERANTAUAN JOGJAKARTA”

Kebanyakan orang tua melihat anaknya sudah duduk di sekolah menengah atas ( SMU ) atau sekolah menengah kejuruan ( SMK ) Iapun mulai berpikir kemana anak akan pergi melangjutkan sekolah yang lebih tinggi ( KULIAH). Hal ini biasa terjadi seirin waktu berganti ‘ esokpu tiba. Dan perubahan selalu ada di setiap saat. Mengakibatkan orang tua yang sudah mempunyai anak yang akan tamat dari ujian nasional (uas). Untuk mendapatkan pendidikan yang jauh lebih baik.

Sewaktu saya berada di Papua dan masih bersekolah di sana. Persoalan ini,saya tidak terlalu memahaminya. Betapa berat seorang ayah yang mau menyekolahkan anaknya.Yang sudah tamat dari SMU atau SMK. Biasanya seorang ayah itu bertanya sama anaknya atau seorang ayah yang menengtukan kemana anak ini harus di kirim untuk KULIAH, bisa sebaliknya.

Ada pengalamang yang saya masih ingat. Di saat saya duduk di kelas Dua sekolah menengah atas.saya melihat bapak saya pergi ke BANK untuk menggirimkan uang buat kakak saya yang sudah melangjutkan pendidikan di tanah rantau ( JOGJAKARTA ) setelah ayah sudah mengirimkan uang untuk kakak. Ayahpun balik ke rumah untuk beristirahat.

Ketika ayah sedang beristirahat,saya bertanya. Tadi ayah ke BANK untuk apa” Ayah mulai menjelaskan” Tadi itu ayah pergi kirim uang untuk kaka yang ada di jogja. Karna” Kalau ayah tidak kirim uang untuk kakak, “Nanti dia mau bayar sekolah dengan uang dari mana dan siapa yang mau kasih makan” kalau bukan ayah yang harus kirim uang sama kaka.

Tahun 2006 saya tamat dari sekolah menengah kejuruan di Papua dan melangjutkan study di kota JOGJAKARTA. Karna kaka saya sudah duluan ada di kota itu. Pada pertenggahan bulan agustus, Saya meninggalkan Fak-fak untuk melangjutkan pendidikan di kota JOGJAKARTA.” Kata orang di luar sana” mereka bilang JOGJAKARTA di kenal dengan sebagai kota pendidikan dan pariwisata;

Ketika saya sampai dan memulai aktifitas yang baru,” seperti ke dunia kampus, toko buku,moll, dan tempat keramaian lain yang ada di kota JOGJA. Saya melakukan aktifitas ini setiap saat. Hingan saya mulai paham apa yang di kata sebagian orang di luar sana.tentan kota jogjakarta.
Saya mulai pahami” karna di dunia kampus itu. Banyak anak-anak yang bukan dari satu daerah atau profinsi yang melakukan aktifitas di dunia kampus. Di sisi lain saya melihat banyaknya turis asing yang datang dari berbagai Negara.atau orang luar ( pendatang ) yang mencari nafka di kota JOGJAKARTA.

Namun yang lebih menarik dari kota JOGJAKARTA itu.semua orang yang ada di ini.” Semuanya mau berbagi satu sama lain dan salin menghargai. Hal ini yang membuat saya merasa bersyukur bisa hadir di tempat yang penuh dengan nuangsa kedamaian yang selalu ada di kota JOGJAKARTA.

Saya yakin suatu kelak kita yang masih berada di kota ini, Akan pergi meninggalkan JOGJAKARTA . kita pasti ingat betapa indahnya hidup di kota yang berbeda dengan kota yang lain. Karna di kota ini kita bangyak mendapatkan Hal yang baik maupun Hal yang buruk akan selalu terukir dalam hati kita.

gravatar

INDAH KETIKA PERGI BERKEBUNG

Berkebun kata ini”banyak kenangan yang tersimpan di sana.kadang kala hari berganti waktupun berubah-ubah dan indah hidup menghadirkan kenangan.ketika aku masih di Fak-fak.senyum,tawa,bahagia atau susah,sedih,putus asa.semua ini ku lalui bersama,bapak,mama.adik dan basudara semua yang ada di fak fak.

kami sekeluarga sering kali pergi berkebun.untuk menanam keladi,pisang,dan sayur -sayur seperti kacang pajang,buncis,katimun.semua ini yang sering kami lakukan ketika pergi berkebun.Di sisi lain kami sekeluarga ramai-ramai pergi ke kebun itu.pasti cabut rumput agar kami bisa menanam apa saja.yang bisa di panen di kemudia hari.karna bapak saya itu kalau satu kebun sudah di tanam” Seperti yang bapak pikirkan maunya harus ada kebun baru yang harus di kerjakan lagi.biar ketika satu kebun masa panennya telah selesai.pasti ada kebun lain yang masa panennya menyusul.

Pemikiran ini yang biasanya bapak saya pikirkan.jadi kami harus berkerja membantu bapak di setiap saat.kata bapak kalau kamu semua tidak bantu bapak; baru kita mau dapat makan dari mana.” Kata itu yang bapak selalu tekan sama kita untuk selalu membantunya,jadi mau tidak mau,suka tidak suka kami tetap pergi kekebun.biar beban dan tanggung jawab bapak bisa berkurang.maklum kami semua sudah besar jadi pasti bisa kerja.;

Di saat kita lagi melakukan pekerjaan,ada yang menarik bagiku,ketika hari mulai siang pasti bapak yang akan masak apa saja yang ada di kebun.seperti pisang,keladi dan sayur-sayuran.namun cara masak pun unik karna semua yang akan di masak itu..pakai bambu yang ada di sekitar kebun.kami yang lain tetap berkerja sampai perkerjaan itu selesai..

Diriku pernah berpikir betapa beruntungnya diriku,karna bisa hidup bersama bapak,mama,adik-adik yang mau menggerti arti hidup ini.dalam hati mereka ada saling membantu dan saling memberi. Keluarga kami tetap tinggal bersama-sama susah senang kami tetap tinggal bersama.

Tapi kalau di lihat kami keluarga yang paling sederhana dari sebagian besar keluarga yang ada di luar sana.hubungan kebersamaan dalam keluarga kami.terlihat di setiap saat.

Walau kadang kehidupan sering membuat orang tak lagi berpikir akan kebersamaan itu. Tapi di keluarga kami tetap berjalan dengan sejuta senyum dan saling kompak. Ada kata yang pernah bapak sampaikan,kami semua hidup harus bersatu.jangan ada kata saling membenci di antara kami semua.

gravatar

SEMUANYA TLAH BERUBAH..

Hari trus berganti”Menghadirkan satu kenangan.di saat diriku hadir di kota jogjakarta....ku tak tau pasti arti kehidupan di tanah perantauan.ketika diriku melangkah tak berdaya.diriku sangat bersyukur bisa hidup bersama NEN WENAND yang mau berbagi denganku,apa yang NEN tau dan apa yang NEN pahami akan kehadiranku di negeri orang.Dalam hati diriku sadar,kebanyakan orang di luar sana. Tak munkin berbagi.seperti NEN WENAND yang masih bisa memberiku satu pemahaman yang luar biasa dalam hidupku..walaupun kehidupan tanah rantau jogjakarta,kadan susah dan kadan senang semuanya kami lalui bersama di asrama DUPIAD FAKFAK.ada satu kenangan hidup bersama NEN WENAND di asrama. Ketika akhir bulan pasti kami semua tahan lapar.tapi kalau di antara kita ada yang punya uang...itu biasanya beli beras dan sayur..di sisi lain kami sering duduk bersama di asrama fakfak sambil minum kopi.semua kenangan ini yang masih tinggal bersamaku di tanah perantauan jogjakarta.dalam hati ini,ku tak tau pasti kapan semua ini bisa ter Ulan kembali seperti hari-hari yang terlewati bersama NEN WENAND.karna kehidupan pasti memberikan perubahan di setiap jejak langkah yang di lalui oleh seorang anak perangtaun.untuk mencari setitik ilmu di negeri orang (“..ketika ia masih study..”)tapi ketika ia menyelasaikan studynya,iapun pergi ke tempat asalnya.Hal ini sekarang di alami oleh NEN WENAND yang harus kembali ke daerah asalnya dan meninggalkan kota jogjakarta yang penuh dengan sejuta kenangan.NEN walapun kita harus berpisah karna waktu dan pangdangan.tapi ku harap NEN selalu mengenang kembali kenangan yang terlewati bersama di tanah perantauan.NEN kami semua yang masih menjalankan study di kota ini.akan senantiasa mengenang kembali semua yang telah terlewati bersama.ada kata dari NEN yang pasti kami semua tak munkin melupakan begitu saja.karna setiap anak jamang melahirkan anak jamangnya dan setiap generasi menghasilkan generasinya atau setiap gerak langkah menghadirkan perubahan itu sendiri.semoga keberhasilan NEN hari ini,bisa memberikan suatu perubahan bagi kita yang di tinggalkan dan perubahan ketika NEN memulai hidup baru di mana saja NEN berada.

gravatar

PASAR TAMBARUNI FAK FAK

PASAR TAMBARUNI.adalah salah satu tempat yang ada di kabupaten FAKFAK.Kota yang sering di kenal dengan kota pala.TAMBARUNI ini sebenarnya pasar yang di buat begitu megahnya oleh pemerintah setempat...sehinga sebagian orang di fakfak menghabiskan waktunya di tempat ini.cara mereka menghabiskan waktunya yang agak unik.karna tidak semua orang yang ada di tambaruni ini melakukan HAL yang sama.ada sebagian orang yang ke tambaruni untuk membeli dan berjualan di pasar tambaruni.tapi ada yang menghabiskan waktunya di pasar tambaruni dengan berbagia macam cara.ada yang hanya berkeliaran di pasar.ada juga yang duduk sambil menikmati pinang..dan ada juga yang nonggrol di warung kopi yang ada di sekitar pasar tumbaruni..”ketika saat diriku masih di fakfak.sebagian waktu ku habiskan di tempat ini.sebab tempat tinggal ( RUMAH ) berada dekat dengan pasar tambaruni.yang membuat diriku tak akan melupakan pasar tambaruni itu.di saat diriku masih bersekolah di FAKFAK,kalau sudah jam pulan sekolah diriku tidak langsun pulan ke rumah.namun diriku bersama teman_teman sekolah jalan_jalan ke tambaruni..KATA orang nonggron.itu yang sering kami lakukan ketika pulan sekolah.tahun 2007 diriku pulang liburan ke fakfak.yang ku pikir nonggron di tembaruni ini .akan ku lupakan.tapi semuanya tidak munkin.karna di pasar tambaruni kita bisa berbagi dan bertemu dengan orang yang sudah lama tak berjumpa dengan kita.di sisilain kita juga bisa berkumpul dan bercerita tenta apa yang kita tau dan apa yang kita tidak tau.tapi ada orang yang biasanya berbicara HAL_HAL yang mennyankut kepetinggal pribadi maupun kepetinggan semua pihak,biasanya mereka bercerita di pasar tambaruni.ada juga yang bisanya berbicara tentan kejadian yang terjadi di mana mana.banggunan pasar tambaruni juga istrateginya berada di jantung kota FAKFAK.karna kita yang mau pergi ke tempat yang berdekatan dengan FAKFAK atau ke kampun kita yang ada di sekitar FAKFAK..semuanya bisa kita jangkau dari pasar tambaruni..yang selalu setia menangti kehadiran kita.

KAWAN TITIP PESAN KAMU DI BAWAH INI


KAWAN TITIP PESAN KAMU DI BAWAH INI
ShoutMix chat widget

sedihhhhhhhh



Awim Kamam

4l4m4t blo9 4b54N
•^_^ • RINTIHAN HATI • ^_^ • RATAPAN ANAK NEGERI • ^_^ • KEHIDUPAN ANAK DESA • ^_^ • SUMBER ALKITAB • ^_^ • PAPUA NEGERIKU • ^_^ • CERITA KU • ^_^•
s3l4m4t d4t4n9 k4w4n

Mereka seperti rumput








































jhaJDXHSAHDKLSK;JJJHD.